TAHU GIMBAL KULINER YANG WAJIB DI COBA JIKA BERKUNJUNG KE KOTA INI

Holla
Assalamu'alaikum
Wahai teman teman sebangsa dan setanah air, semoga selalu diberikan kebahagian tiada tara Aamiin 🙃



Kalian penikmat kuliner gak sih, gak afdol kan kalo ke kota orang gak pernah incip incip makanan khas sana. Kali ini tema kita akan ngebahas salah satu menu yang sedikit unik. Katanya makanan ini merupakan kuliner yang wajib di makan pada saat berkunjung disana. Penasaran kan ? Nama makanan nya itu sedikit berkaitan dengan kata kata unik gitu, biar aku jelaskan.

Makanan yang aku maksud itu TAHU GIMBAL. Hah TAHU GIMBALl ? Iya TAHU GIMBAL Biasanya kalo mendengarkan kata gimbal pasti identik dengan rambut ya kan. Arti kata gimbal menurut KBBI gim-bal a lebat dan tidak teratur (krn tidak disisir): nah itu artinya. Lalu kalo yang dicampur denga makanan apakah sama makna gimbal nya ya 😁


Sumber foto :google.com

Tahu gimbal merupakan sebuah makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan pokoknya. Banyak orang yang belum tahu nama gimbal itu diambil dari mana. Sebenarnya gimbal adalah sebutan untuk udang bagi orang Semarang. Ternyata terjawab kan, gimbal yang dimaksud bukan makna dari gimbal yang dipikirkan 😜 FYI gaes, untuk makanan ini ternyata berasal dari Kota Semarang


Sumber foto : google.com

Untuk membuat TAHU GIMBAL ini cukup mudah, pertama undang atau gimbal (bahasa semarang) itu dicampur dengan adonan bakawan, setelah matang bakwan undang tadi dipotong kecil kecil dengan menggunakan pisau atau gunting.

Seperti gado gado, dan pecel ya, tapi ini berbeda loh dari segi rasa dan juga isi yang di sajikan di dalam piring.

Dilihat dari segi kekentalan sambal kacang pun juga berbeda, tidak sama dengan gado gado ataupun pecel. Bumbu tahu gimbal lebih encer. Selain itu juga kacangnya menggunakan petis dari undang yang dipotong kecil kecil. Jadi rasa dari tahu gimbal ini lebih khas tentunya.


Adapun bumbu yang digunakan untuk Tahu Gimbal ini, bumbu yang mudah didapatkan di pasaran seperti daun sereh, rempah-rempah, kencur, jeruk, daun salam, pandan, dan bawang putih.

Setelahnya Tahu Gimbal diraburi irisan kembang kol, lontong, telur, kubis, dan disiram dengan saus kacang. Dan taraaa jadilah Tahu Gimbal yang Lezat dan siap dimakan 😍


Jangan khawatir, kalian yang suka pedas bisa memesan dengan level yang tinggi, jadi buat kalian yang suka pedas selamat menikmati sensasi hot yang luar biasa 😁

Memakan tahu gimbal ini bisa didampingi dengan es campur yang super nikmat

Ternyata gaes, yang menikmati kuliner ini tidak hanya wisatawan lokal, tetapi wisatawan mancanegara pun datang untuk menyantap tahu gimbal ini, karena saking dibuat penasaranya dengan rasanya nya itu loh.

Kalian pasti bertanya tanya, dimana bisa mendaptkan tahu gimbal ini. Bisa di warung pak edi, tahu gimbal lumayan pak man, dan tahu gimbal es campur pak budhi, dan masih banyak warung warung yang meneyediakan tahu gimbal ini. Untuk Harganya pun cukup masuk di kantong, dengan harga kurang lebih Rp 15.000 per porsinya, sudah cukup untuk memanjakan lidah dan perut kamu, selamat menikmati ya, dijamin pasti ketagihan 😍

Salam sugar,❤





Comments

  1. Aku g pernah coba tahu gimbal nih .. Tp penasaran ama yg pedes soalny emg suka pedes anaknya .. Bdw sama tahu gejrot enak mana?? Eh beda style yaa wkwk Terjangkau juga harganyaa.. Nanti klo ke semarang lagi aku pengen cobain ahh, maklum kemarin pas kesana ga sempet kulineran huhu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci harus coba sensasi pedasnya, hihi beda dari nama dan segi isi ci 😁

      Delete
  2. Baru tahu nih ada tahu gimbal. Nggak ada di banjarmasin ya? Heu

    ReplyDelete
  3. Tahunya ini teksturnya sm kyj tahu gejrot ya? Trus sambelnya miripan mana antara gado2, pecel, batagor dan ketoprak? Ak pecinta sambal kacang sih cm yg dibikin resepnya apapun pst itu2 mulu.. Ahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inggih mbak, sama pada tahu namanya hehe. Wah mbak winda pencinta sambal kacang ya

      Delete
  4. Aku belum pernah coba... Mau dong. Kalau tahu gejrot aku suka... Olahan tahu emang hampir semuanya enak sih ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti coba ya mbak heheh. Berbagai macam varian dari jenis rahu sekarang mbak hehe

      Delete
  5. Duh nisa aku jadi laper nih liat tahu gimbal hho

    ReplyDelete
  6. Ih astaga, ini bikin mupeng parah, bikin ngiler mana aku suka tahu lagi. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oenggemar tahu pasti ngiler dengan berbagai jenis olahan tahu 😍😍

      Delete
  7. Kalo di Mtp/Bjb di manalah ada yamg bejual tahu gimbal nih? Jd penasaran nah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di bjm belom ada mi, gak tau di bjb udah ada apa belom hihi

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[WAW INI DIA] T-GO APLIKASI UNIK BISA DAPAT DUIT

SI UNIK BUAH PIDADA - RAMBAI SUNGAI

[FIRST IMPRESSION] URBAN LIP CREAM - IMPLORA