SI UNIK BUAH PIDADA - RAMBAI SUNGAI



Buah pidada ? Aku baru pertama kali mendengar nama buah ini, jujur ini menurut sangat asing ditelinga ku, dan juga biasanya aku cuma tau buah mangga, rambutan, jeruk, jambu dan masih banyak nama buah dari abjad a sampai dengan z.

Jadi ceritanya, waktu aku sedang melakukan perbaikan di salah satu kabupaten Barito Kuala lebih tepatnya kec jajangkit nama desa nya pesisir sungai barito, dan itu merupakan kunjungan pertama, serta pertama kali tau buah pidada itu bisa dimakan. Pertamanya karena cuaca disana lumayan panas, karena sedang ada pergantian trafo, maka listrik pun juga di matikan (jadi udah ketebak aku anak pkl prodi listrik ๐Ÿ™ˆ)

Google.com

Yang namanya hidup di desa pasti emak emak sering ngumpul di salah satu teras rumah ibu ibu, kebetulan aku kemarin waktu si ibuk nya ngumpul depan teras sama si bapak sambil liatin perkjaan yang dilakukan oleh tim. Jadi si ibuk ini sedang bercakap cakap entah membahas apa si ibuk bilang buah pidada atau bahasa banjar nya rambai sungai.

Google.com

Penasaran dong aku gimana sama buahnya, dan rasa sekaligus bentuknya heheh. Enak kata si ibuk, apalgi di campur dengan ikan yang di pais, ada asem nya juga. Wah aku makin penasaran loh. Terus teman aku ikut nimbrung juga iya, waktu mak gue hamil anak kedua dia ngidam mau makan itu. Rasanya itu loh yang bikin ketagihan.

Dan akupun, semakin dibuat penasaran sama buah yang namanya pidada ini,  ya sudah terus namanya juga aku gak pernah nemu kan, kata si ibuk mau coba kah, bentar bapak petikan. Menunggu lah aku sambil bercengkrama dengan si ibuk (jika kalian menanyakan apakah sudah selesai pergantiannya jawabnya belom hehe) akhirnya buah yang bikin penasaran ketemu. Terus aku baru tau itu namanya buah rambai sungai, atau bahasa kerenya buah pidada.

Kenapa aku nyebutnya si unik, mari kita berkenalan dengan buah pidada yang satu ini. Mungkin dari beberapa orang tidak tau ini buah ini merupakan keluarga mangrove. Apa itu mangrove ? Mangrove iyalah salah satu tumbuhan dikotil yang hidup dan berkembang  di air payau.

Dari segi bentuk ia berbentuk agak bulat dan dikelilingi oleh daun yang membentuk seperti mahkota.

Dari segi rasa, memiliki rasa asam dan sedikit kalat, biasanya buah pidada ini dibanjar dibikin untuk tambahan di paisan, cacapan pengganti asam jawa,  bisa juga buah pidada ini diolah menjadi berbagai olahan, hasil olahan nya berupa bolu, puding, donat. Bukan hanya dimakan buah ini bisa juga diolah aneka sirup jus, selain itu juga buah ini bisa di jadikan menajdi lauk keripik dan lain sebagainya.

Selain itu juga buah ini memilki kandungan vitamin C karena rasa dari buah ini yang masam, cocok untuk kamu yang lagi sariawan coba makan buah ini.

Seperti itu lah keunikan buah pidada atau rambai sungai ini, dari segi bentuk sampai segi rasa serta manfaatnya untuk manusia, dan juga buah ini bisa kalian temui dipinggir sungai kalau kalian penasaran.

Salam sugar ❤

Comments

  1. Meski tinggal di kampung, aku belum pernah liat buah ini lo Nis. Cuma pernah dengar buah ini dari cerita-cerita orang2 tua di kampung. Pidada oh pidada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inggih mbak, nisa jua baru tau kalo ini buah asli itu dedesa kaitu hwhe

      Delete
  2. Aku kayanya kurang jauh mainnya, ga kenal pidada padahal ngakunya anak Banjar. .... Makasih Nisa, akhirnya jadi tau ada buah pidada di tempat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inggih ada mbak, nisa jua baru tau. Tpi kada di banjad aja mbak, masih banyak di kota lain hehe

      Delete
  3. Nisaaa...aku jua blm tau nahhh..aplg kelawasan diam di jawa hehehe...umaaalah sampai dibikin bolu sapai donat.boleh tu, dimana org bejual yang sudah jd donatlah hihi.penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh nisa kurang tau mbak masalah orng yang meolah kue nih jualnya dimana. Coba kita cari ol pasti banyak yang jual hehw

      Delete
  4. Tahunya rambai aja. Ternyata ada nama lain lah. Pidada. Dan baru tahu kalau bisa diolah wadai. Bahari waktu kanakan rancak memainakan buah ini tp kada pernah memakan lrn masam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masam banar perasa uln, rambai sungai jar kita rajin lah hihi

      Delete
  5. Wah, asam ya rasanya? belum pernah jua memakan. seandainya dijual di pasar terapung bisa rame tu yang beli hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buah yang harus di cobai bgian banjar ya klo mbak bila di jual di pasar terapung.

      Inggih mbak masam kaitu

      Delete
  6. Aku baru ini tau dan liat buah pidada ini hahhaha, belum banyak org yg tau sepertinya tentang keberadaan buah ini

    ReplyDelete
  7. Tapi gak beracun kan ya?
    Aku juga baru baca ini, thankyou informasinya.

    Apa ini buah langka banget ya sampe baru denger hehe

    salam,
    simatakodok.blogspot.com

    ReplyDelete

  8. Aku baru tau nih buah pidada.. Bentuknya mirip buah kresen yaa.. Jadi keingat dlu pas sd hbs plg skolah suka metik buah kresen ama tmen tmen hihi

    ReplyDelete
  9. Ak baru tau loh buah ini. Jd sifatnya masam ya. Bisa buat tambahan paisan atau cacapan jg. Tp yg ak bingung it kok bs ya dibikin bolu, donat.. Masih bingung gimana pengolahannya. Scara, itu kan cake n roti ya. Setauku cake itu biasa memakai campuran lemon plg masem lh y.. Hihi. Klo donat lebih ke bahan ubi2an sbg tambahan. Penasaran gmn jadinya.

    ReplyDelete
  10. Wah sama aku juga baru tau loh buah ini. Jadi penasaran euyyy...

    Makasih loh infonya nis ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  11. Wah aku suka Nisa bahas segala sesuatu yang berbau kedaerahan gini. Request dong kompilasi buah-buahan khas Kalimantan gitu Nis, banyak banget kan :)

    ReplyDelete
  12. Eh, bisa buat kue iuga ya, ya ampun aku baru tau. Kalau denger ini buah sering dari mama tapi ga tau wujudnya juga ternyata memang unik ya.

    ReplyDelete
  13. wah baru tahu nah sama buah ini. mungkin pernah lihat tapi nggak tahu kalau namanya pidada dan bisa dimakan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[WAW INI DIA] T-GO APLIKASI UNIK BISA DAPAT DUIT

SEPTEMBER CERIA - BEBERAPA TIPS DIBAWAH INI BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA KAMU #FBBKOLABORASI

WOW ADA APLIKASI BELANJA ONLINE YANG UNIK DI ZAMAN SEKARANG