AMALAN RAMADHAN UNTUK KAMU WANITA YANG SEDANG HAID



Ramadhan udah memasuki hari ke 19 wah sebentar lagi mencapai final dong ya, bagaimana dengan puasa kalian, apakah lancar gaes? Alhamdulillah. Bulan Ramadan bulan yang penuh berkah bulan dimana segala amalan baik selalu dilipat gandakan.

Sebagai seorang muslim apalagi wanita muslimah kita tentunya ingin dong ya melakukan puasa full selama sebulan, etapi pasti ada kendala yang memang tiap bulan selalu datang berkunjung ke kita. Yups siapa lagi kalo bukan haid.
Tapi jangan sedih dong ya, kita sebagai wanita yang tidak bisa berpuasa ada kok amalam yang bisa kita lakukan pada saat bulan ramadhan diantaranya :

1. Menyiapkan Hidangan ketika Berbuka Puasa
Sebagai wanita yang sedang haid, pastinya kita bisa melakukan makan dan minum. Tidak salahnya kita menyiapkan hidangan ketika berbuka puasa, dimana kita bisa merasakan apakah ini capcay sudah enak rasanya, minumannya sudah manis atau belom. 

Bagaimana denga rasa kue nya. Dengan begitu orang yang akan berbuka menjadi tambah nikmat makanya karena masakannya yang sudah pas.
Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun” (H.R. At-Tirmidzi)


2. Perbanyak Dzikir dan Berdoa
Jika kita masih dalam haid, maka perbanyak dzikir disaat kita tidak bisa melakukan amalam amalam di bulan ramdahan seperti puasa dan shalat,maka perbanyak dzikit dan berdoa. Banyak dzikir yang bisa kita amalkan ketika kita sedang haid. Misalkan membaca tasbih tahmid tan takbir


3. Mencari Ilmu
Selama dalam keadaan haidnpun, seorang wanita sangat di anjurkan mengikuti kajian atau sedang menuntut ilmu. Dengan begitu waktu haid saat bulan ramadhan menjadi lebih bermanfaat dan berfaedah.
Yang kedua, mencari ilmu. Ketika bulan ramdhan banyak majelis yang bisa kita datangi untuk belajar ilmu ilmu agama yang lainya. Diriwayatkan, "Sesungguhnya belajar ilmu karena Allah adalah suatu bentuk ketakwaan. Mencari ilmu adalah ibadah, menelaahnya adalah tasbih, dan mengkajinya adalah jihad.” (H.R. Ad-Dailami).


4. Perbanyak sedekah
Meskipun di bulan ramadhan kamu sedang haid, jangan lupakan bersedekah kepada orang orang yang memerlukan bantuan tangan kita. Bersedekah tidak akan membuat kita miskin, melainkan akan menambah harta yang kita bagikan. MasyaAllah begitu besar kuasa Allah SWT. 

Adapun Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, "Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Alquran. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan.” [Muttafaq ‘Alaih].

Selain amalan ya g aku tuliskan di atas tadi masih banyaaak loh gaes amalan yang bisa kita lakukan dikala haid sedang datang mengunjungi kita. Hihi
Semoga dengan amalan yang ada diatas dapat membantu kita walaupun sedang dalam keadaan tidak suci bisa mendekatkan keridhoan Allah SWT dengan mengamalkan amalan baik dan InsyaAllah Bermanfaat Aamiin
Salam sugar ❤

Comments

Popular posts from this blog

[WAW INI DIA] T-GO APLIKASI UNIK BISA DAPAT DUIT

[FIRST IMPRESSION] URBAN LIP CREAM - IMPLORA

FIRST IMPRESSION MEMAKAI SUPER STAY MATTE INK LIPSTIK TAHAN LAMA HINGGA 16 JAM