SAYUR ASEM IKAN PATIN KALIMANTAN SELATAN, DIJAMIN ENAK DAN BIKIN KETAGIHAN


Nisazet | Bpn30dayRamadhanblog - Holla tidak hari ini kita memasuki hari ke empat untuk puasa, gimana nih teman teman, apakah puasanya lancar ibadahnya lancar. Alhamdulillah 🌻

Ah iya gaes, mau tanya dong, kalian sering bingung gak mau masak menu apa lagi ? Untuk buka puasa hari ini.

Atau mau coba yang berkuah gitu hihi. Enak lo waktu buka makan yang berkuah, apalgi kalo ada rasa asem nya saat di lidah, duh pasti mau nambah makannya ya kan.

Kali ini aku mau berbagi resep loh dari provinsi aku sendiri, ya khas nya Kalimanta Selatan. Wah masakan apa ya ? Masakan sayur asem ikan patin dong 😍

Kalo bikin masakan sendiri itu leboh endus, kita tau kadar higheninis nya masakan dari kita, dan juga makanan kita terhindar dari namanya bahan pengawet sekaligus no MSG dijamin hidup sehat bisa dijalankan 😁

Baik gaes, untuk membuat sayur asum kita perlu sediakan bahan bahan, sekaligus peralatan masak yang ingin kita pakai

🍁Bahan-bahan yang diperlukan
- 3 ekor ikan patin sedang, potong-potong100 gram.
Biasanya di masukan satu ekor ikan patin yang terdiri dari kepala, badan tengah sama buntut (ekor ikan patin)

- Kacang panjang, potong sekitaran  3 cm2, atau kira kira ukuran jari krlingking. Bisa juga sesuai keinginan mau ukuran seperti apa (bersihlan dulu baru di potong, biar vit nya tidak banyak terbuang)

- 100 gram kol, potong-potong2 (kalo untuk aku pribadi,lebih suka banyak kol soalnya rasanya dari kol ini manis manis gimana gitu πŸ˜‰)

- 5buah cabai hijau, dan cabai merah, potong gaya memanjang bisa atau gaya dengan menyerongnya.

- asam Jawa seperlunya

- buah belimbing wuluh (jika tidak ada buah ini bisa diganti dengan bahan yang ada dirumah, misalkan tomat, potong dibagi menjadi 4 belahan)

-1 buah Timun potong kecil kecil

- 2batang serai di haluskan atau langsung di geprek memarkan

-2 cm laos memarkan


-1 buah terong asam (nah dari sini lah namanya sayur asem, karena dari terong asam ini diciptakan rasa asem yang bikin ketagihan gaes) jangan ngiler ya

πŸ€Bumbu yang perlu di haluskan bisa menggunakan blender atau di ulek dengan tangan sendiri
* 5 siung bawang putih
* 6 siung bawang merah
* 4 butir kemiri 2 cm
* Jahe2 cm
* Kencur2 cm
* kunyit 1 cm
* terasi seperlunya.
Note makin banyak sambal makin endus 😍

🍲 Cara membuat:
•Rebus air di dalam panci birkan hingga mendidih. (agar cepat mendidih tutup panci biar udara didalamnya tidak keluar)
• Sambil menunggu, bumbu yang sudah dihaluskan tadi di tumis hingga aroma dari masakan tercium sangat wangi, berarti itu menandakan sudah matang sambal nya, jangan lupa diaduk biar tidak gosong. Masukan juga laos,serai dan asam jawa didalam bumbu yang kita tumis tadi
•Air yang sudah mendidih tadi masukan timun, selanjutnya kol, masukkan juga bumbu yang sudah ditumis dan aduk hingga merata. Setelah tercampur dan wangi aroma masakan sudah dirasa, baru masukan ikan patin, belimbing waluh, cabai hijau dan merah garam dan gula secukupnya, sesuai dengan perkiraan lidah masing masing, setelah semua sudah tercampur dengan beres afuk sekali lagi dan matikan kompor.

Sayur asem siap dihidangkan dan dimakan hangat bersama keluarga tercinta πŸ’™
Eh tapi ini versi masakan dirumag ya, kali aja kalian punya cara memasak sayur asem sendiri. Bagi bagi dong.

Salam sugar ❤


Comments

  1. Ehh aku baru tau resep sayur asem Banjar ini. Hehehe
    Karena mama nggak pernah masak ini di rumah sih. Sering pas makan siang kantor ada yangb makan sayur ini. Jadi pengen coba bikin deh

    ReplyDelete
  2. Ini makanan favorite Eny dong.... Mamah juga sering banget masak ini

    ReplyDelete
  3. Aku suka sama makanan ini, cuman kadang aku kalo makan sayur asem banjar nih, biasanya ku ambil kuah sama sayurnya aja. patinnya sih nggk. hehe

    https://www.bundaisty.com/

    ReplyDelete
  4. Waaah.. Baru kali ini aku baca resep di blog nisaa. Bagus loh nis, lengkap.. Hehe. Btw, bulan puasa minggu keberapa ya kemarin itu.. Aku pengen beli tarung asem yg orange itu.. Tau gak harganya brp? 4rb bok.. Haha. Mahal banget. Tyt lg gak musim. Emang buahnya musiman ya? Blm pernah liat pohonnya soalnya. Hihu

    ReplyDelete
  5. Sayur asem ini enak, aplg klo udh lama ga makan .. Bisa sdh be masak nisa lah wkwkwk parak lagi ni wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Favoritku juga niih. Apalagi kalau ada kepala ikannya. Tapi kalau versi aku kayaknya nggak pakai kencur

    ReplyDelete
  7. Aku cuma bisa makan patin kalo dia di masak kuning yg pake daun itu, ga bisa dimasak apapun padahal liat org makan sayur asem itu bikin menggunggah selera banget.

    ReplyDelete
  8. Akutuh kaget pas orang-ornag bilang sayur asem, soalnya kalo d jawa kan warnanya bening bukan orange-orange gitu.
    Tapi kalo komposisi sayurnya sebenernya sama aja :D
    Pas dirumah kalo makan ikan pasti ibu masaknya juga sayur asem, tp sayur asem jawa eheh


    salam,
    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  9. Nisa keren amaat bisa masak sayur asem... Aku baru nikah baru bisanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[WAW INI DIA] T-GO APLIKASI UNIK BISA DAPAT DUIT

SEPTEMBER CERIA - BEBERAPA TIPS DIBAWAH INI BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA KAMU #FBBKOLABORASI

WOW ADA APLIKASI BELANJA ONLINE YANG UNIK DI ZAMAN SEKARANG