PENTINGNYA KEAMANAN KESELAMATAN DAN KENYAMAN SAAT MENGGUNAKAN TRANSPORTASI BRT (BUS RAPID TRANSIT) SAAT INI




Berbicara masalah transportasi saat ini banyak
mengalami kemajuan, dimana untuk 5 tahun terakhir aku merasakan dampak positiv dari kemajuan transportasi saat ini. Misalkan saja yang dulu di kampung halaman hanya ada kapal sebagai alat transportasi menuju Kota Banjarmasin sekarang adanya kendaraan umum seperti taksi mobil. Karena semakin berkembangnya alat transportasi maka semakin berhasil pula peran bangsa dan negara dalam memajukannya.

Baru baru saja, di Banjarmasin dinas perhubungan meluncurkan sebuah bis BRT Banjar Bakula atau (Bus Rapid Transit).  BRT pertama kali dioperasikan pada tanggal 22 Mei 2019 yang mana mempunyai rute dari Banjarmasin Ke Banjarbaru.

Pengalaman yang aku rasakan pertama kali menggunakan moda transportasi umum BRT Banjar Bakula ini sangat nyaman. Jadi sebelumnya aku harus menunggu di terminal Kilometer 6 di dekat rumah ku, karena setiap Kilometer mempunyai titik halte untuk BRT Banjar Bakula ini beroperasi.


Untuk jadwal keberangkan BRT ini dimulai dari titik 0 Kilometer dan berakhir di Banjarbaru. Untuk jadwal keberangkatan pun juga sudah ditentukan, jadi untuk kita yang notaben nya pengguna transportasi umum harus melihat jadwal yang di share pada medial sosial instagram dari BRT Banjar Bakula ini.

Jadwal hari senin - kamis


Jadwal untuk hari sabtu dan minggu

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya BRT Banjar Bakula tiba di terminal Kilometer 6. Untuk Naik ke dalam bus ini harus membayar karcis retrebusi senilai Rp.5000. Setelah membayar karcis aku langsung masuk dan pintu langsung ditutup perjalanan akan dimulai.

Selama diperjalanan aku mendapatkan pengalaman pertama yang tak terduga saat ada di dalam bus ini
Hal yang pertama aku rasakan yaitu dari aspek :

•Keamanan

Saat diperjalan, aku tidak kebagian tempat duduk, jadi sepanjang perjalanan berdiri menikmati suasana dari dalam bus, rasa aman yang benar benar aku dapatkan, karena adanya penjagaan di dalam bus. Hal yang paling utama dalam transportasi itu ada nya rasa aman yang dimiliki penumpang, karena dengan begitu penumpang merasa terjamin dengan barang barang bawaan mereka. Jadi pada saat naik bus ini, aku jamin keamanan di dalam nya 100 persen, buat kalian yang penasaran silahkan di coba hhe

•Keselamatan

Sopir mengemudi dengan SOP yang berlaku

Penting nya keselamatan dalam berkemudi menjadi point utama dari berkendara. Apalgi jika keselamatan menyangkut orang banyak. Nah untuk sopir sendiri harus dipastikan tidak ngebut dan selalu membawa dengan tidak aut autan. Saat itu sopir yang mengendarai sangat menjaga keselamatan penumapang, jadi aku merasa selamat sampai ketujuan hihi

•Kenyamanan

Penumpang menikmati perjalanan 

Yaaah aku merasa nyaman dengan transportasi ini, membuat perjalanan ku semakin menyenangkan semakin heppi dan pasti nya rasa nyaman yang aku miliki membuat aku benar benar ketagihan untuk menggunakan transportasi lagi, lagi dan lagi.

Aku sampai ketujuan dengan selamat, rasa nyaman dan pasti nya keamanan nya top lah transportasi yang gunakan. Selama diperjalan di dalam bus ini mempungai fasilitas yang lengkap.

Dimana full ac dan ruangan bebas asap rokok. Jadi buat aku yang tidak suka asap rokok, ini bus sangat membantu.

Full musik di sepanjang jalan. Selain adanya ac musik juga sangat membantu dan menghibur para penumpang di dalamnya, tidak jarang banyak penumpang yang tertidur sepanjang perjalanan

Setiap halte akan diberitahukan, jadi buat kamu yang mau berhenti di titik tertentu pasti nya tidak ragu lagi. Karena akan ada pemberitahuan untuk yang berhenti di halte yang di inginkan.

Menurut aku, penting nya transportasi saat ini menjadi modal dasar untuk mendukung perkembangan suatu negara. Dimana untuk transportasi saat ini, bukan hanya dari darat saja melainkan udara dan laut juga ikut di benahi dan ditambah armadanya.

Transportasi sekarang tidak lagi di fokus kan di kota kota besar, melainkan di desa terpencil ikut andil merasakanya. Waktu 5 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk melakukan renovasi transportasi yang dulu nya jadul sekarang teknologi semakin canggih.


Tulisan ini di ikutsertakan dalam 2019 Blogger Writing Copetition dengan mengambil Tema Transportasi Unggul Indonesia Maju




Buat kalian semua yang ingin mendapatkan informasi seputar transportasi yang ada di Indonesia sekaligus pembangunan yang ada disana bisa kunjungi website dan kepoin akun media sosial nya dibawah ini :

✏ Website kemenhub: http://dephub.go.id

Sosial media:
🍃Twitter: https://twitter.com/kemenhub151

🍃Facebook: https://www.facebook.com/kemenhub151

🍃Instagram: https://instagram.com/kemenhub151


Harapan aku semoga dengan pembangunan dan penerapan tingkat transportasi semakin berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dan siap bersaing pada industri 4.0 yang sedang saat ini.


Semangat 🌿

Salam Sugar ❤

Comments

  1. Belum nyobain nih. Semoga nanti bisa cobain Busnya Banjarmasin. Busnya emang keliatan keren dan nyaman banget ,😆

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah naik BRT ini, seandainya domisili Banjarmasin. Transportasi umum harus senyaman itu agar masyarakat betah menggunakannya.

    ReplyDelete
  3. Nah, makin bagus pelayanan masyarakat di Banjarmasin. Seandainya semua moda transportasi umum digalakkan sembari diperbaiki kenyamannya pasti banyak yang memanfaatkannya. Secaraaa Banjarmasin sekarang menuju kota macet bin crowded, karena kebanyakan pengguna kendaraan pribadi

    ReplyDelete
  4. Aku lho nungguin bus pacar lewat depan golden tulip sore-sore bareng teman lain tapi ga datang-datang. Udah jam nya sesuai terus ditungguin 10 menit lagi juga ga datang-datang jadi menyerah untuk mrnunggu. Huhu *eh malah curcol.

    ReplyDelete
  5. Waaah aku baru tau. Kayanya kelamaan di luar kota jadi kurang ngikutin perkembangan kota sendiri.

    ReplyDelete
  6. Minggu lalu udah berniat nyoba bis ini. Cuma pelatihan jd gagal.
    Mayan nih bisa jalan jalan k bjb murah hehe


    Salam,


    www.rizkyashya.com

    ReplyDelete
  7. aku penasaran ih pengen naik bus BRT ini tapi haltenya nggak terlalu dekat sama rumahku. heu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[WAW INI DIA] T-GO APLIKASI UNIK BISA DAPAT DUIT

FIRST IMPRESSION MEMAKAI SUPER STAY MATTE INK LIPSTIK TAHAN LAMA HINGGA 16 JAM

SI UNIK BUAH PIDADA - RAMBAI SUNGAI