PENGALAMAN MENGGUNAKAN QR STANDAR (TRANSAKSI JADI LANCAR)


Perkembangan teknologi di zaman sekarang semakin  hari semakin canggih, dari kecanggihan ini lah muncul berbagai inovasi dari pengembangan digital didalamnya. Semakin tahun semakin berkembang, dimana hal ini juga berdampak pada gaya bertransaksi, sebuah terobosan baru dari dunia internet. Saking berpengaruh nya transaksi bisa di lakukan melalui handphone.

Sistem barter pada zaman dahulu

Sedikit flashback ke zaman dahulu, dimana pada masa lampau kita mengenal sistem barter. Pengertian barter itu sendiri yaitu kegiatan tukar menukar barang. Hal ini terjadi karena pada saat itu masyarakat tidak mengenal dengan namanya uang. Untuk mencukupi kebutuhan hidup, mereka melakukan barter  terhadap tetanga atau orang disekitar. Sistem barter ini berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama, hingga akhirnya barter ini ditinggalkan karena memiliki kelemahan, diantaranya barang yang ditukar tidak sebanding dengan nilai tukar yang di inginkan. Selain itu juga, ditemukan penemuan baru adanya uang kertas untuk metode pembayaran.

Pada masa sekarang uang sudah menjadi bagian penting didalam kehidupan manusia. Dimana saat melakukan transaksi ataupun keperluan yang mendesak harus mempunyai uang sebagai perantara dengan pembayaran yang sah.
Di era ini, setiap hari masyarakat melakukan yang namanya jual beli, terkadang beberapa dari mereka melakukan transaksi uang dalam jumlah yang sangat banyak. Sedangkan dilihat dari aktivitas yang dilakukan, membawa uang dalam jumlah banyak mempunyai tingkat resiko yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap yang namanya kecopetan.

Untuk mensiasati ini harus hadir teknologi digital dalam bentuk penyimpanan uang. karena selain aman, masyarakat juga harus di kenalkan dengan pembayaran non tunai atau cashless society agar kiranya diera modern ini setidaknya bisa mengatasi pencurian uang dalam bentuk cash. 

Pada saat ini, kita menghadapi yang namanya industri 4.0 baik dari segi ekonomi, maupun dari gaya hidup masyarakat sudah mulai lebih melek terhadap teknologi. Salah satu dari adanya industri 4.0 dimana untuk melakukan pembayaran pada saat transaksi dengan dompet digital melalui QR Code itu sangat cepat, mudah, aman dan pastinya lancar.


QR Code adalah sistem pembayaran elektronik dengan memindai kode batang yang sudah tersedia pada gerai maupun pada perdagangan online lainya. Di dalam kode barcode yang sudah ada itu terdapat jumlah nominal uang yang harus dibayarkan. Bukan hanya uang tetapi juga bisa beriskan informasi yang jelas.

Sejak hadirnya dompet digital, dengan pembayaran melalui QR Code atau lewat aplikasi, debit dari kartu atm sangat jarang digunakan, karena dilihat dari segi efisien dan tingkat keamanan. Selain itu juga QR code proses cepat tanpa ribet, kita tinggal memindai maka saldo otomatis langsung terpotong.

Pengalaman menggunakan QR code sangat jelas aku rasakan. Dimana pada hari itu ada acara makan bersama sekaligus selamatan bersama anak panti asuhan. Dimana pada saat itu untuk melakukan pembayaran transaksi aku menggu akan pembayaean digital.


Jadi hal pertama yang aku lakukan adalah login di salah satu aplikasi untuk memindai QR standar yang telah ada disamping kasir. Selanjutnya aku arahkan smarthphone agar bisa memidai QR standar yang sudah disediakan. dan hitungan detik total nomial keluar, setelah itu tinggal klik OK. Transaksi selesai. Sangat simpel dan praktis kan guts, selain itu juga masalah keamanan dan kenyamanan menjadi alasan utama aku menggunakan transaksi menggu akan QR Code lo. Hal yang paling menyenangkan bisa mendaptkan cashback dari beberapa gerai, dan bisa di belanjakan pada acara selanjutnya.

Jadi, buat kalian yang masih takut atau belum menggunakan QR standar sebagai pembayaran di gital ala milenial. Jadi buat kalian anak millenial bisa menggunakan dan mencoba nya dari sekarang, karena untuk masalah kerahasian sudah dijamin aman jadi jangan takut. Buat teman – teman yang sudah menggunakan QR standar dijamin pasti ketagihan, apalgi kalo misalkan tiap aplikasi memberikan cashback yang lumayan besar. Karena zaman teknologi modern kita juga harus ikut aktiv di dalamnya, salah satunya dengan menggunakan QR untuk transki. Untuk masalah top up ataupun pengisian saldo jangan kawatir, bisa kalian lakukan melalui transfer atm melalui mobile banking yang kalian punya.

Salam Sugar ❤

Comments

  1. Aku udah biasa menggunakan QR untuk pembayaran digital kak dan emang lebih cepat, nggaperlu repot2 bawa uang wkwk

    ReplyDelete
  2. saya sering menggunakan QR code untuk bayar-bayar mulai dari bayar belanja pulsa, dan lain-lain jadi lebih mudah sih

    ReplyDelete
  3. ini kalo ke warung makan atau warung kaki lima pake sistem QR code pasti seru banget ni kak

    ReplyDelete
  4. Transaksi menggunakan QR Code memang sangat memudahkan kita, jadinya gak perlu simpan banyak duit dompet

    ReplyDelete
  5. benar banget. selaramg serba mudah ya.. apalagi saat cuman tinggal scan aja

    ReplyDelete
  6. Belum pernah pakek sih...

    Tapi keknya seru..
    Udah sering juga lihat review nya.

    Tapi belum pernah coba.

    Bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Kalau nggak salah peraturan BI baru, sekarang QR harus ganti QRIS kak (standar Indonesia gitu). Biar transaksi makin aman.

    ReplyDelete
  8. QR code ini bikin transaksi makin mudah ya. .makanya sangat digemari kaum Millenial. Apalagi ntar ada QR standar dari Bank Indonesia yaa

    ReplyDelete
  9. Iya simple banget pakai QRcode tinggal scan, pembayaran dalam hitungan detik selesai.
    Asal dompet digitalnya jangan lupa diisi ya wkwk

    ReplyDelete
  10. Belum pernah pakai ini. Jadi pengen nyoba. Selain donlot appnya, harus lapor dulu ke banknya atau kyp? Xixixi.. Maklum emak gatek.

    ReplyDelete
  11. Aku juga sering banget makai QR kalau belanja. Selain praktis sering dapat diskon atau cashback, seneng deh.

    ReplyDelete
  12. Balum suah lagi nah emak bebayar-bayar dg QR. Langsung haja lambaran nang ada di epok nitu nang dijulungakan hehe

    ReplyDelete
  13. Memang sekarang lebih mudah ya kalau mau belanja nggak perlu bawa uang Cash lagi cuma perlu hape

    ReplyDelete
  14. Wah.. Ada cashbacknya jg ya. Mayan jg ternyata. Mamak jd mupeng jg nih

    ReplyDelete
  15. Sekarang kalau buibu belanja udah mulai pake QR Code yah, emang sih lebih memudahkan cma di tempat aku masih terbatas yang tersedia ��

    ReplyDelete
  16. Ini sih udah zaman now banget keknya ya. Aku pun kemana-mana menggunakan ini juga dong sudah pastinya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[WAW INI DIA] T-GO APLIKASI UNIK BISA DAPAT DUIT

FIRST IMPRESSION MEMAKAI SUPER STAY MATTE INK LIPSTIK TAHAN LAMA HINGGA 16 JAM

SI UNIK BUAH PIDADA - RAMBAI SUNGAI